Photobucket

Senin, Januari 18, 2010

Juga - Tentang Investasi Jambi

Provinsi Jambi terdiri dari 9 (sembilan) kabupaten dan 1 (satu) kota, dengan luas wilayah provinsi sebesar 53.435 Km². Provinsi ini disebelah utara berbatasan langsung dengan Provinsi Riau, di sebelah timur berbatasan dengan Selat Berhala, di sebelah selatan dengan provinsi Sumatera Selatan dan di sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Barat. Penduduk di provinsi ini sekitar 2,66 juta jiwa dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 1,45%.

Pada tahun 2005, total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jambi sesuai harga konstan mencapai Rp. 12,7 triliun. Kontribusi terbesar disumbang oleh sektor pertanian sebesar Rp. 3,81 triliun atau 30,2% dari total PDRB diikuti sektor perdagangan, hotel dan restoran serta sektor industri pengolahan dengan kontribusi masing-masing sebesar Rp. 2,15 triliun (17%) dan Rp. 1,7 triliun (14%), sebagaimana grafik disamping.

Provinsi Jambi memiliki berbagai macam komoditi unggulan antara lain padi, jagung, kelapa sawit, karet, kakao dan perikanan. Sampai tahun 2006, Provinsi Jambi telah memiliki 18 pelabuhan yang tersebar di beberapa kabupaten/kota, antara lain Pelabuhan Talang Duku, Kuala Tungkal, Muara Sabak, Pangkal Duri, Sungai Jambat, Air Hitam Laut, Kuala Mendahara, Lambur Luar, Muara Delli, Nipah Panjang, Pemusiran, Simbur Naik, Sungai Lokan, Betung Berdarah, Desa Pintas, Kuamang Kuning, Muara Tebo dan Pelabuhan Jambi yang merupakan pelabuhan terpanjang dengan panjang dermaga 230,50 m. Provinsi ini memiliki 2 (dua) bandar udara yaitu Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci dan Bandara Sultan Thaha di Kota Jambi.Rujukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar